Penelitian case control obesitas

Eksploratif 2. Selanjutnya ditentukan pula jenis data yg akan dikumpulkan, termasuk penentuan variabel sebagai faktor resiko, maupun faktor lainnya. Misalnya kasus adalah semua pasien dalam populasi tertentu sedangkan control diambil secara acak dari populasi sisanya. Merupakan penelitian pendahuluan dari penelitian analitis Kelebihan Crosectional: Wanita yang melahirkan dalam kurun waktu yang sama tanpa plasenta previa dan dipilih secara acak.

Yang dapat dinilai adalah berapa sering terdapat pajanan pada kasus dibandingkan pada control. Informasi tersebut dapat diperoleh antara lain: Orang-orang yang kurang aktif membutuhkan kalori dalam jumlah sedikit dibandingkan orang dengan aktivitas tinggi.

Contoh Di dalam suatu populasi ingin diteliti apakah orang obesitas menyebabkan hipertensi. Untuk meneliti paparan langka 4. Maka peneliti memilih suatu populasi untuk dijadikan penelitian, memilih sampel penelitian secara randomkemudian dari masing-masing sampel tersebut diambil data dengan wawancara menderita hipertensi atau tidak efekdan pada saat yang sama juga diambil data paparan yaitu bentuk tubuh gemuk atau kurus dengan metode observasi.

Subjek yang tidak sarapan umumnya hanya minum susu atau teh, makan roti tawar, dan ada penelitian case control obesitas yang tidak makan sama sekali. Mengetahui faktor risiko asupan energi fast food terhadap kejadian obesitas remaja SMA di Kota Pontianak.

Bisa bersifat retrospektif atau prospektif. Mengetahui faktor risiko frekuensi konsumsi fast food terhadap kejadian obesitas remaja SMA di Kota Pontianak.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN OBESITAS

Salah satu aktivitas fisik yang dapat dilakukan anak remaja di sekolah adalah dengan rutin berolahraga sehingga pengeluaran energi seimbang. Identifikasi faktor-fakor rasio dan efek b. Dengan demikian pasien yang telah meninggal tersebut tidak terwakili dalam penelitian.

Persamaan dengan penelitian ini adalah disain penelitian yang digunakan kasus kontrol dan variabel bebas yang diteliti yaitu fast food. Kelebihan energi terjadi bila konsumsi energi makanan melebihi energi yang dikeluarkan. Kejadian obesitas banyak ditemukan pada golongan sosial ekonomi tinggi disebabkan konsumsi makanan yang berlemak tinggi sedangkan pada golongan sosial ekonomi rendah ditemukan kejadian obesitas disebabkan konsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat karena mereka kesulitan dalam membeli makanan berprotein tinggi 7.

Dapat dimasukkan ke dalam tahapan pertama suatu penelitian kohort atau eksperimen, tanpa atau dengan sedikit sekali menambah biaya. Liponcott WW Philadhelpia; Hal ini karena setiap mengerjakan tugas kelompok, subjek pasti pergi ke tempat-tempat yang menyediakan aneka jenis fast food seperti di KFC dan Mc Donald.

Diatas telah disebut bahwa dengan melakukan matching maka jumlah subyek yang diperlukan untuk diteliti menjadi lebih sedikit.

Informasi tentang faktor risiko atau faktor perancu confounding factors mungkin terlupa oleh subyek penelitian atau tidak tercatat dalam catatan medik kasus recall bias b.

Apabila ratio odds yang didapatkan dengan menggunakan 2 kelompok control tersebut tidak banyak berbeda, hal tersebut akan memperkuat asosiasi yang ditemukan. Mengetahui faktor risiko asupan energi soft drink terhadap kejadian obesitas remaja SMA di Kota Pontianak.

Terdapat perbedaan yang signifikan pada variasi, kuantitas dan frekuensi konsumsi fast food tiap bulan dan asupan energi dari fast food antara remaja obesitas dan tidak obesitas.

Subjek penelitian adalah anak dan remaja berusia tahun di Amerika. Penelitian ini cohort adalah kebalikan dari case control. Menetapkan besar sampel Jumlah subyek yang perlu diteliti untuk memperlihatkan adanya hubungan antara faktor risiko dengan penyakit perlu ditentukan sebelum penelitian dimulai.

Pengamatan hasil luaran. Perbedaan jumlah asupan energi fast food antara kelompok obesitas dan non-obesitas dapat disebabkan oleh porsi fast food yang dikonsumsi lebih besar pada kelompok non-obesitas dibandingkan dengan kelompok obesitas.

Pada dasarnya untuk penelitian kasus control jumlah subyek yang diteliti bergantung pada: Rerata asupan subjek yang tidak sarapan yaitu sebesarkalori.Penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan desain atau rancangan penelitian case control.

Kasus adalah remaja dengan obesitas dan kontrol adalah. A. PENGERTIAN CASE CONTROL Penelitian case control merupakan penelitian jenis analitik observasional yang dilakukan dengan cara membandingkan antara kelompok kasus dan kelompok kontrol berdasarkan status paparannya.

Faktor yang dapat mempengaruhi kejadian obesitas dengan hipertensi antara lain asupan serat, asupan natrium, dan aktivitas robadarocker.com: Mengetahui hubungan asupan serat, natrium, dan aktivitas fisik terhadap kejadian obesitas dengan hipertensi pada anak robadarocker.com: Desain penelitian case control study dengan matching usia dan jenis kelamin dari 3 SD di kota Semarang.

Subjek penelitian Author: Dewi Mulad Sari, Binar Panunggal.

1 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG OBESITAS PADA SAAT INI

Obesitas pada anak usia 3 – 5 tahun dikaitkan dengan semakin cepat terjadinya adiposity rebound, yang memungkinkan anak menjadi obesitas saat dewasa. Obesitas dapat dipengaruhi oleh asupan energi, lemak, serat dan aktivitas fisik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan asupan energi, lemak, serat dan aktivitas fisik pada anak usia 3 – 5 robadarocker.com: Desain penelitian case Author: Pramita Ariawati Putri, Etika Ratna Noer.

Tabel Analisis Crosectional Penelitian Case Control Case control adalah rancangan studi epidemiologi yg mempelajari hubungan antara paparan (faktor penelitian) dan penyakit, dengan cara membandingkan kelompok kasus dan kontrol status paparannya.

Ciri2 penelitian case control 1. Penelitian yg bersifat observasional 2. Diawali dengan kelompok penderita dan bukan penderita 3. Terdapat kelompok. rancangan penelitian dr.

nurwiyeni, sppa, mbiomed Slideshare uses cookies to improve functionality and performance, and to provide you with relevant advertising. If you continue browsing the site, you agree to the use of cookies on this website.

Penelitian case control obesitas
Rated 3/5 based on 84 review